KEUNTUNGAN DAN MANFAAT MEMILIKI POLIS ASURANSI PRUDENTIAL

SUATU CARA UNTUK MENABUNG
 
Di masa lalu, cara yang jelas untuk menabung adalah dengan menyimpan uang di dalam sebuah kaleng biscuit di bawah kasur. Saat ini, menyimpan uang di bank lebih masuk akal. Namun ada satu pilihan tempat lain untuk menabung yang juga aman dan menarik – Asuransi jiwa.
Dengan menyisihkan sejumlah uang pada produk asuransi jiwa, seorang penabung yang bijaksana dijamin pasti akan meraih tujuannya! Bagaimana ini bisa terjadi? Mari kita lihat contoh dari seorang pria yang sanggup menabung sebesar S$10,000 (Rp 60 jt) setiap tahun. Berapa lama waktu yang ia butuhkan untuk menumbuhkan uangnya menjadi S$1,000,000 (Rp 6 miliar)? Benar – 100 thn, dan tentu saja hal ini agak tidak mungkin. Namun dengan menabung di asuransi jiwa, jika kematian atau cacat terjadi, maka pria ini telah diasuransikan sebesar S$1,000,000 (Rp 6 miliar)!
Banyak orang menganggap asuransi jiwa sebagai suatu cara menabung yang lebih baik karena alasan-alasan berikut:
  1. TERATUR: menabung sekali-kali dan menabung hanya ketika anda ingin menabung saja tidak akan menjamin bertambahnya uang anda.
  2. DIWAJIBKAN: Anda memiliki komitmen untuk menyisihkan sejumlah uang setiap tahunnya, pada waktu yang sama setiap tahun.
  3. ANDA MEMILIKI UANG TAPI TIDAK MUDAH DIEAKSES: keadaan ini dapat menghapus godaaan untuk menarik uang anda dan menggunakannya, sehingga tujuan awal Anda menabung tetap dipertahankan !
Terkadang, orang masih bingung dalam menggunakan kata “ menabung “contoh, saya sering mendengar orang berkata, “Saya menabung untuk pergi berlibur di bulan Desember”. Ini adalah pengertian yang salah. Mereka sebenarnya tidak menabung tetapi menunda pengeluaran! Alih alih membelanjakan uangnya sekarang, mereka akan mengeluarkannya di bulan desember. Penjabaran yang lebih tepat adalah “uang dalam perjalanan” (cash in transit) karwena tak ada lagi uang yang akan tersisa di awal januari nanti
 
MEMILIKI HARTA DENGAN CEPAT
 
Suatu hari, kita semua akan memiliki uang yang sangat banyak. Benar . Dan itu suatu saat nanti: “Suatu saat, kapal saya akan pergi berlayar”. “Suatu saat, usaha saya akan memperoleh keuntungan yang besar”. Suatu saat……….
Namun asuransi jiwa adalah satu-satunya instrumen keuanagn yang memungkinkan Anda untuk memiliki harta dengan cepat. Jika Anda membeli polis asuransi tabungan, katakanalah dalam waktu 20 tahun Anda akan memperoleh uang sebesar S$100,000 (Rp600 jt), maka keinginan Anda dijamin akan terwujud. Jika tak terjadi apapun pada diri Anda, maka dalam waktu 20 tahun,Anda akan mendapatkan uang tersebut ditambah bonus yang terdapat pada polis anda. Namun jika sesuatu yang tak diinginkan menimpa Anda dalam masa 20 tahun tersebu, maka tujuan anda untuk memperoleh uang sebesar S$100,000 (Rp600 juta) tetap terjamin, karena asuransi jiwa telah membentuk harta sebesar S$100,000 (Rp600 juta)denagn cepat.
Dari cara menjelaskannya, bank beroperasi dengan prinsip yang berbeda, yaitu “Menabung dan membentuk”(Save and create). Kapan pun, jumlah uang Anda miliki di bank sama dengan
  1. jumlah yang Anda setorkan ditambah
  2. bunga dari tabungan Anda.
Asuransi jiwa bekerja dengan prisip “Membentuk dan Menabung”(Create and Save).
 
POLIS UNTUK PENDIDIKAN ANAK
 
Jika anak Anda cukup pintar untuk masuk ke perguruan tinggi, Apakah Anda juga cukup pintar untuk menyediakan dananya?
Jelas, anak Anda mendapakan kepitarannya dari Anda! Sangat terlambat jika Anda menunggu hingga anak Anda lulus, baru Anda membeli polis. Lima atau sepuluh tahun sebelum mereka masuk ke universitas adalah waktu yang sangat tepat bagi Anda untuk mulai menabung sehingga uang Anda akan terus bertambah.
Kadang muncul suatu situasi ketika anak Anda memilih kuliah di jurisan yang tidak tersedia di Negara Anda. Pada tahun 90-an, biaya sekolah di luar negeri sudah mencapai S$30,000 atau sekitar RM 50,000 (atau Rp 180 juta). Masuk universitas adalah hal penting, tetapi kuliah dijurusan juga sangat penting bagi anak Anda . Mampu menyediakan dan untuk membiayai pendidikan anak di jurusan pilihannya adalah hal yang sangat mengagumkan (biasanya anak akan belajar lebih baik lagi jika mereka menyukai bidang pelajarannya).
Namun bagaimana jika Anda telah menyiapkan dana pendidikan untuk anak Anda, namun mereka tidak berhasil masuk ke universitas manapun? Dalam situasi seperti ini, Anda dapat mencairkan polis Anda dan pergi berlibur panjang. Anak-anak Anda tidak dapat menikmati dana tersebut, maka Anda pun berhak menikmatinya!
 
MANFAAT PENGOBATAN DAN RAWAT INAP
 
Seseorang mungkin terlihat sangat sehat. Namun sudah sering kita mendengar bahwa seorang yang terlihat sehat dapat terserang penyakit parah. Setiap kantor mendengar cerita-cerita seperti itu.
Kesehatan tidak dapat dijamin. Bahkan orang yang paling sadar akan kesehatan sekalipun menyadari bahwa setiap tahun kesehatan kita akan semakin memburuk. Ironisnya orang dapat meninggal akibat penyakit yang namanya saja tidak dapat mereka sebut!
Perusahaan asuransi menawarkan rangkaian produk lengkap yang dapat memenuhi kebutuhan dan jumlah dan yang berbeda-beda. Biasanya produk-produk ini ditawarkan kepad para pemegang polis (dikenal dengan sebutan riders – manfaat asuransi tambahan) untuk mengurangi kebocoran financial akibat serangan penyakit yang tak dapat dihindari
Manfaat rawat inap dan operasi (dikenal denagn sebutan H&S – Hospital and surgical Benefit) menyediakan penggantian atas biaya-biaya inap dan operasi sesuai dengan program asuransi pada polis yang dibeli. Di banyak kasus, ini berarti penggantian 100% atas semua biaya. Jika tertanggung memilih kelas perawatan yang lebih tinggi, maka ia harus membayar selisih anatara biaya yang tersedia pada polis dengan biaya yang haru ia keluarkan. Manfaat nyata yang di dapat dari produk ini adalah sebagian besar komponen biaya yang di keluarkan akanb di tanggung oleh perusahaan asuransi sesuai denagn program asuransi pada polis tersebut.
Manfaat rawat inap (HB – Hospitalization Benefit) menyediakan biaya rawat inap setiap hari selama tertanggung dirawat di rumah sakit. Manfaat ini sangat menarik bagi para wiraswastawan ataupun mereka yang tidak memiliki perlindungan pengobatan rawat inap. Jumlahnya bervariasi mulai dari yang terendah sebesar S$80 (Rp480 ribu) hingga yang tertinggi S$200 (Rp 1,2 juta) per hari.
Bannyak perusahaan asuransi yang juga menawarkan perlindungan terhadap kondisi kritis. Jika tertanggung memenuhi criteria salah satu dari 30 daftar kondisi kritis ini (di Prudential 34 kondisi kritis – red), maka uang pertanggungan akan dibayarkan , tentuya jika semua dokumen yang diperlukan terpenuhi. Manfaat ini dapat diperoleh dari produk “ rider” (asuransi tambahan ) ataupun produk stand alone (produk yang berdiri sendiri).
 
POLIS UNTUK PERLINDUNGAN CACAT
 
Satu kesalahan persepsi umum mengenai asuransi adalah bahwa Anda harus meninggal terlebih dahulu, baru Anda dapat memperoleh manfaat asuransi. Ini tidak benar. Kadang kala kematian datang lebih cepat dan menjadi hal yang terbaik. Namun bagaimana jika anda tidak meninggal, Anda hidup tapi cacat?
Pertama, apakah biaya hidup Anda akan meningkat? YA! Kedua , apakah penghasilan Anda dapat terus berlanjut? TIDAK!
Sungguh suatu kombinasi yang menakutkan: hidup namun tidak memiliki penghasilan ditambah lagi denagn semakin meningginya biaya hidup!
Tentu saja, keluarga akan merawat Anda. Anda beruntung! Namun apakah Anda tidak ingin memeberikan kemudahan kepada keluarga yang akan merawat anda dengan menyedikan cara dan dana untuk perawatan Anda?
Seandainya kita balik situasinya,. Bukan anda, melainkan saudara Anda yang cacat. Sekarang, bagaimana Anda dapat membantu merawatnya. Bukanlah akan lebih baik jika ia juga memberi anda uang sebesar S$10,000 (Rp600 juta)setiap tahun untuk membiayai beberapa pengeluaran? Hal ini sangat masuk akal untuk dilakukan, dan juga mencerminkan ras persaudaraan.
Seorang agen yang sebelumnya bekerja di sebuah industri kontruksi melaporkan bahwa ketika ia kembali ke tempat kerjanya untuk menawarkan asuransi jiwa, ia mempeoleh tanggapan yang positif. Mengapa? Karena orang-orang yang bekerja di indutri ini sangat menyadari bahwa kecelakaan dan kematian dapat terjadi kapan saja, khususnya pada saat mereka sama sekali tidak menyadarinya.
 
MENGHITUNG NILAI DIRI SENDIRI
 
Berapa besarkah nilai Anda yang sebenarnya? Bagi orang yang ingin memperoleh perlindungan S$1,000,000 (Rp6 miliar) ia harus meyakinkan underwriter bahwa ia menang bernilai paling tidak dua kali lebih besar dari nilai tersebut. Salah satu nilai polis terbesar yang pernah di keluarkan adalah sebesar S$25 juta (Rp150 miliar) untuk satu jiwa. Sulit sekali membuktikan bahwa tertanggung tersebut pantas dinilai seharga S$50 (Rp300miliar). Untungnya, semua dapat dilakukan. Sebagai peraturan, banyak perusahaan asuransi lebih memilih untuk mengasuransikan 25 orang sekaligus dengan nilai asuransi masing-masing sebesar S$1 juta (6 miliar), dibandingkan denagn mengasuransi hanya satu orang denagn nilai S$25 juta (Rp 150 miliar- ini yang disebut denagn membagi risiko).
Asuransi jiwa memperkenankan seseorang untuk mencantumkan nilai yang pantas bagi dirinya. Banyak ibu rumah tangga yang mengalami keragu-raguan karena berpikir bahwa mereka tidak memiliki “harga pasar” terhadap nilai ekonomi diri mereka. Sebelum berhenti bekerja dan menjadi ibu rumah tangga penuh, mereka menyadari bahwa sebagai sekertaris atau eksekutif, mereka memiliki harga tertentu. Sekarang saat mereka melakukan pekerjaan rumah tangga yang tak pernah habis, mengganti popok, mencuci pakaian, dan menemani anak-anaknya tidur, mereka mungkin berpikir apakah mereka juga pdapat meminta harga pasar yang sama.
Asuransi jiwa dapat menolong nilai ekonomi yang sesuai. Jika sebelumnya mereka memperoleh penghasilan sebesar S$30,000 (Rp180 juta , maka dengan Sangat mudah mereka dapat diasuransiakn sebesar S$ 300,000 (Rp 1,8 miliar)!
Kelompok lain yang senang dengan apa yang di berikan oleh asuransi jiwa adalah kelompok yang memiliki nilai tinggi tapi berpenghasilan rendah (“High Worth – Low Pay”). Kelompok ini mungkin saja para sarjana baru yang akan mulai karirnya, seperti sarjana master di singapura yang hanya berpenghasilan S$2,000 (Rp12 juta) per bulan. Beberapa orang yang karena jenis pekerjaannya ‘ seperti pekerja sosial dan pekarja agama, mungkin memiliki nilai lebih tinggi namun mereka tidak dapat digaji sepadan dengan nilai kontribusi mereka.
 
INVESTASI YANG SANGAT BERHARGA
 
Bagaimana seseorang mendefinisikan investasi yang bagus? Sering kali, hanya satu criteria saja yang disebut yaitu – tingkat pengembalian, biasanya diukur berdasarkan tingkat bunga. Belakangan ini, investasi apapun yang memberikan hasil 10% dipandang baik karena suku bunga bank hanya berkisar 3% (gambaran di singapura).
Mungkin definisi investasi yang paling berarti seharusnya adalah : “Paling baik membayar pada saat paling di butuhkan”
Sebuah instrument investasi mungkin menjanjikan tingkat pengembalian sebesar 20%. Namun ketika dibutuhkan, contohnya ketika kita memerlukan dana segar, investasi tersebut tidak dapat dicairkan atau mencapai harga yang sebanding. Investasi layaknya seperti deposit tetap ( fixed Deposit) yang mengalami gangguan di tengah jalan.
Ijinkan saya mengutip iklan NTUC INCOME (salah satu produk investasi yang dikeluarkan oleh bank NTUC di singapura – red)
“Polis obligasi INCOME memiliki tingkat pengembalian sebesar 11,8% yang telah terbukti selama lebih dari 10 tahun (1983-1992). Investasi tunggal sebesar S$10,000 (rp 600 juta) dapat tumbuh menjadi S$ 30,520 (Rp 183 juta ) sepanjang periode tersebut. Pengembalian actual setiap tahun berfluktuasi berdasarkan nilai investasi di pasar untuk dana obligasi, yaitu sebesar +38,1% pada level tertinggi di tahun 1989, dan sebesar 13,7% pada level terendah di tahun 1984.”
Tunggu bagian pokoknya: “polis ini juga menyediakan perlindungan asuransi jiwa tanpa biaya tambahan”.
Sekali lagi, ketika kita berbicara mengenai investasi, kita juga berbicara mengenai angka yang besar. Namun rata-rata premi asuransi jiwa hanya beberapa ratus ribu rupiah saja, jadi untuk menjamin sebuah investasi, tidak harus selalu dalam jumlah uang yang besar. Kebanyakan penasehat investasi tidak akan melayani uang dengan jumlah yang sedikit. Dengan demikian, asuransi jiwa memberikan perlindungan investasi yang terjamin ….ketika kita sangat membutuhkannya.
 
EKSPRESI RASA CINTA DAN KASIH SAYANG KEPADA KELUARGA
 
Inilah manfaat terbaik asuransi jiwa. Pd hari Valentine, setangkai mawar merah adalah cara yang tepat untuk menyatakan sebuah cinta sejati. Namun polis yang dibeli dengan bijaksana untuk memberikan maafaat kepada pasangan hidup serta keluarga, memiliki arti tersendiri.
Rata-rata orang akan berpikir bahwa peralatan rumah tangga adalah cara bagus untuk mengekspresikan rasa cinta dan kasih sayang kepada keluarga. Ia pun kemudian membeli ensiklopedia untuk anak-anaknya …dengan menyicil. Ia juga membeli mobil agar keluarga memiliki sarana transportasi yang lebih nyaman …juga dengan menyicil. Semuanya berjalan dengan baik dan lancar, asal ia dapat hidup cukup lama untuk melunasi semua cicilan. Namun jika sesuatu yang tak di inginkan terjadi padanya. Maka semua barang barang yang ia beli akan di ambil, dan hanya meninggalkan impian dan harapan yang kandas tak terwujud.
Benda-benda tersebut memang jelas terlihat dan dapat segera di gunakan, serta membawa kesenangan. Namun orang tua yang bijaksana membeli polis asuransi bukan hanya untuk kesenangan semata . Terdapat pelajaran bagi seluruh keluarga, yaitu: “tindakan yang salah apabila kita mengekpresikan rasa cinta dan sayang hanya dengan memenuhi kebutuhan hari ini saja, dan melupakan kebutuhan terpenting untuk masa depan yaitu perlindungan asuransi.”
Anak-anak rajin belajar tidak hanya untuk hari ini saja, tapi agar ia siap di masa depan.Dengan membeli asuransi jiwa, orang tua telah menunjukan studi kasus yang nyata bagi anak anaknya: mempersiapkan masa depan saat ini juga, sehinga masa depanpun akan berjalan dengan baik
 
UNTUK MENGURANGI PAJAK
 
Ini adalah alasan populer untuk membeli asuran si jiwa. Ketika saya membeli polis di akhir tahun 60 an alasan utamanya adalah saya tidak hanya akan mendapatkan perlindungan asuransi jiwa saja, tapi juga akan mengurangi pajak! Petugas pajak tidak menganggap bahwa uang premi asuransi jiwa yang saya bayarkan sebagai penghasilan. Saya pikir petugas pajak ini baik hati. Itulah hadiahnya jika memperhatikan masa depan kita
Saat ini manfaat asuransi cukup menarik khusunya untuk kalangan wiraswastawan. Oleh sebab mereka tidak memberikan kontibusi terhadap CPF(central profiden fund) yaitu sejenis dana pensiun yg dikelola oleh pemerintah di singapore , (sejenis jamsostek di indonesia) maka mereka diperkenankan untuk membayar premi asuransi sebesar S$5000 (30 Jt – di singapore) dan US$3500 (21 Jt dimalaysia) setiap tahunnya tanpa dikenakan pajak
 
Mereka yg memiliki penghasilan lebih rendah juga berfikir bahwa alasan yg bagus untuk membeli asuransi adalah karna bisa mengurangi pajak
 
PERSIAPAN DANA PENSIUN
 
Kita hanya perlu melihat berapa banyak orang ber usia lanjut yang masih mencari nafkah untuk membiayai kehidupan di hari tuanya, hanya karena mereka tidak menyadari betapa pentingnya mempersiapkan perlindungan asuransi yag sesuai untuk masa pensiun mereka. Seorang tua dg pahit menyimpulkan keadaannya :”jika anda tidak punya uang di masa pensiun anda lebih baik meninggal”
Rata rata orang mungkin merasa bahwa antara tabungan, CPF, EPF(employe profiden fund yaitu sejenis tabungan hari tua bagi karyawan yg dikelola oleh pemerintah di singapore) dan keluarga, masa pensiun bukanlah sebuah masa serius. Bahkan mungkin dia akan berkata : saya punya cukup uang untuk masa pensiun. Pertanyaan yg belum terjawab adalah : untuk berapa lama anda merencanakan masa pensiun anda?
Pertanyaan ini sulit dijawab. Tak seorangpun mengetahui berapa lama mereka akan pensiun! Memang benar sepanjang hidup anda harus bekerja keras. Tatapi sangat bijaksana jika anda bekerja dengan pandai dan membiarkan asuransi membantu anda menjawab pertanyaan tersebut dengan :” mengapa anda tidak merencanakan masa pensiun anda sekarang, sehingga anda akan punya pilihan apakah anda akan tetap bekerja di usia 60 atau 65 th nanti?”
Sebagai panduan adalah dengan mempertimbangkan bahwa anda harus memiliki 70% dari penghasilan terakhir anda pada saat anda pensiun. Walaupun sebagian besar biaya biaya sudah dilunasi, tetapi anda tetap harus memikirkan dg matang tentang sebuah perlindungan asuransi unutk menutupi biaya hidup yg semakinmeningkat.
 
KEAMANAN DARI PARA KREDITOR
 
Bp prospek, tas berisi uang ini hanya dapat dibuka oleh istri dan anak anak anda. Tidak ada seorang pun yg dpt menyentuhnya. Peraturan pemerintah yg berlaku di singapore dan malaysia menerapkan bahwa uang yg dibayarkan dr asuransi jiwa dilindungi dari tangan tangan kreditor
Banyak orang berpikir bahwa mereka tidak memiliki kreditor saat ini, tetapi seseorang tidak pernah tau kapan kreditor akan muncul. Dan ketika mereka datang biasanya pada saat terburuk dan menyakitkan yg harus dihadapi keluarga. Betapa sedihnya melihat rumah dan semua kekayaan diambil secara paksa karena kreditor memiliki hak secara legal untuk melakukannya
Tidak ada satu bisnis pun yg dijamin akan sukses. Para pebisnis menyadari betapa beruntungnya jika mereka telah menyisihkan sejumlah uang untuk menjamin keluarga, untuk berjaga jaga bila suatu hal tidak berjalan dg baik. Dan jika semua berjalan dg baik bonusnya adalah anda masih memiliki simpanan untuk seluruh keluarga.
Tidak ada seorang janda pun yg harus merasa terhina jika hartanya diambil, hanya karena dia tidak memastikan hartanya tersebut bebas dari para kreditor!
 

KETENANGAN PIKIRAN

 
“Kematian terjadi pada manusia setiap hari, dan suatu saat nanti pada setiap manusia”
Kematian adalah hal yg pasti dalam kehidupan(dikehidupan modern hal lain yg juga pasti adalah pajak) ketika seorang yg bertanggung jawab menyadari bahwa ia telah melakukan persiapan yg memadai guna menghadapi peristiwa dimasa depan, maka dirinya akan merasa tenang
Saya masih ingat di era th 80 an ketika saya sangat khawatir bahwa asuransi yg saya miliki jumlahnya sangat tidak mencukupi, saya mengajukan sebuah aplikasi dan selama beberapa hari kemudian saya merasa seperti berada diujung tanduk, bertanya tanya apakah proses persetujuannya akan mengalami kesulitan. Saya menjadi sangat berhati hati ketika menyeberangi jalan bukan karena saya ceroboh dan sembrono. Namun, aplikasi asuransi saya disetujui dg nilai sebesar US$125.000 (750Jt), jelas saya sangat lega.saya menyadari bahwa saya telah melakukan sesuatu yang penting guna menepati janji saya yaitu menyediakan sesuatu yang berharga bagi istri dan keluarga
Walaupun demikian , masih ada orang yang memilih untuk tetap merasa khawatir, atau bahkan lebih parah, memilih untuk mengambil resiko (pertaruhan terbesar adalah jika anda tida mengasuransikan diri anda dan ini bisa sangat tragis karena jika anda kalah maka bukan hanya anda , tetapi yg anda cintai juga kalah.)
Mengapa harus khawatir jika anda dapat diasuransikan? Bahkan mengapa harus khawatir kalau hanya dengan menyisihkan sedikit uang secara teratur anda dapat mengalihkan rasa khawatir anda pada perusahaan asuransi?